Visi Misi

Sebagai organisasi yang membantu Gubernur dan Wakil Gubernur, maka Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara ditetapkan selaras dengan Visi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang bertujuan untuk mendukung terwujudnya SULUT HEBAT.

Visi Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah sejalan dengan Visi Provinsi Sulawesi Utara yaitu:
“Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Politik, serta Berkepribadian Dalam Budaya melalui Pengelolaan Kelautan dan Perikanan yang berkelanjutan dan lestari”
Sedangkan mengacu pada tugas, fungsi dan wewenang yang dimandatkan oleh Peraturan Daerah kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah dan penjabaran dari Misi Pemerintah Daerah dan Pembangunan Nasional bidang kelautan dan perikanan, maka Misi Dinas yakni:
  1. Mewujudkan pembangunan ekonomi Kelautan dan Perikanan yang mandiri dengan mengelola sumberdaya alam yang berdaulat
  2. Mewujudkan Pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dan lestari
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan yang sejahtera, maju, mandiri serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Tujuan pembangunan kelautan dan perikanan jangka menengah adalah:

Kemandirian yakni:

  1. Meningkatkan produksi, produktifitas dan nilai tambah serta daya saing produk kelautan dan perikanan

Berkelanjutan yakni:

  1. Mengoptimalkan pengelolaan ruang laut, konservasi dan keanekaragaman hayati
  2. Meningkatkan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan untuk mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan

Kesejahteraan yakni:

  1. Mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat di pesisir dan di daerah kepulauan dengan memantapkan kelembagaan perikanan dan dunia usaha.

2. Mengembangkan kapasitas SDM dan dan IPTEK kelautan dan perikanan